Halaman

Minggu, 05 Juni 2011

Tanggung Jawab


Manusia diciptakan di bumi sebagai khalifah, sebagai penjaga kekayaan bumi, sebagai penjaga satu sama lain, dan sebagai makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, setiap manusia harus mempunyai rasa tanggung jawab terhadap sesamanya. Bertanggung jawab kepada teman, keluarga, dan saudara. Setiap perbuatan yang kita perbuat, harus memiliki rasa tanggung jawab agar tidak merugikan satu sama lainnya. Kita sebagai makhluk sosial hidup berdampingan, tanggung jawab pun harus di utamakan dalam melaksanakan kehidupan sosial. Manusia tanpa rasa tanggung jawab, dapat disebut ‘egois’ atau ‘acuh-tak-acuh’ terhadap lingkungan sekitarnya. Tentu saja hal tersebut dapat berdampak negative terhadap diri sendiri dan orang lain. Kepercayaan akan sirna dan manusia tersebut akan di jauhi.

Tanggung jawab dapat menciptakan dan menjaga keseimbangan di dalam kehidupan bermasyarakat. Karena seseorang dapat mempercayai orang lain dari caranya bertanggung jawab. Seberapa berat kita membangun kepercayaan bila tidak di jaga maka kepercayaan itu akan sirna, karena kepercayaan itu sendiri bagaikan sebuah gedung. Seberapa kokoh pondasi di buat, bila tidak dirawat dengan baik saat terjadi bencana, maka gedung tersebut akan roboh.

Contoh – contoh tanggung jawab itu sendiri banyak kita lihat dalam berbagai hal. Misalnya ketika kita sedang berbelanja lalu dengan tidak sengaja memecahkan sebuah gelas, kita yang sedang belanja harus bertanggung jawab dan membayar ganti rugi. Lalu contoh lainnya adalah tanggung jawab terhadap teman sendiri. Ketika teman menitipkan sebuah barang atau uang kepada kita, kita bila merasa tidak sanggup bertanggung jawab dalam memegang barang titipan tersebut sebaiknya jangan di paksakan, karena kehendak yang dipaksakan tidak akan menghasilkan sesuatu yang baik. Dan bila kita sanggup bertanggung jawab dan menerima titipan tersebut, bila mana barang tersebut rusak atau hilang karena diri kita sendiri, kita sebagai orang yang dipercaya untuk di titipkan barangnya harus bertanggung jawab dengan bicara apa adanya dengan pemilik barang tersebut, bila pemilik barang tersebut tidak terima barangnya dihilangkan, maka kita sebaiknya menggantikan barang yang hilang tersebut. Contoh lainnya ketika bertanggung jawab kepada orang tua adalah ketika orang tua hendak pergi dan kita menjaga rumah, sebaiknya kita menjaga rumah dengan baik dan tidak ikut pergi keluar.

Dalam melaksanakan kegiatan di perkampusan pun harus didasari dengan rasa tanggung jawab. Karena tanggung jawab harus di tegakkan dimanapun dan kapanpun. Karena dalam hal perkuliahan, kita di anggap sebagai orang dewasa awal yang dapat di percaya oleh teman maupun dosen. Bentuk tanggung jawab di kelas pun beragam, contohnya ketika kita meminjam sebuah catatan teman, kita harus bertanggung jawab untuk menjaganya dan mengembalikannya dalam keadaan utuh dan tidak kurang sedikitpun. Bila terjadi kekurangan, kita harus bertanggung jawab dengan mencari yang kurang tersebut.

Macam – macam tanggung jawab sangatlah banyak contohnya di dalam kehidupan kita sehari – hari. Semua tanggung jawab harus di dasari dengan hati yang tulus dan tanpa paksaan apapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar