Halaman

Selasa, 01 November 2011

IEEE 802.16 WiMax!


WiMax adalah sebuah jaringan baru yang disebut – sebut sebagai 4G. WiMax sendiri adalah singkatan dari Wireless Interoperability Microwave Access. WiMax adalah produk dari IEEE 802.16 yang hampir serupa dengan Wifi yaitu IEEE 802.11.

IEEE sendiri adalah singkatan dari Institute of Electrical and Electronic Engineers yang berdiri tahun 1963. IEEE adalah organisasi terkemuka di dunia yang membuat standarisasi teknologi. Standar IEEE mempengaruhi berbagai industri termasuk: listrik dan energi, biomedis dan kesehatan, Teknologi Informasi (TI), telekomunikasi, transportasi, nanoteknologi, jaminan informasi, dan banyak lagi. Pada tahun 2005, IEEE membuat standar aktif hampir menyentuh angka 900 dengan 500 standarisasi dalam pengembangan. Salah satu standar IEEE yang paling penting adalah IEEE 802 LAN / MAN kelompok standar yang mencakup IEEE 802.3 Ethernet standar IEEE 802.11 dan standar Wireless Networking.

Kembali ke WiMax, WiMax mempunyai panjang gelombang sebesar 2,3 GHz, 0,1GHz lebih kecil dari Wifi yaitu 2,4GHz. WiMax memancarkan sinyal dengan radius yang cukup luas di bandingkan dengan Wifi. WiMax berbasis IP dengan akses broadband yang hampir serupa dengan wifi namun memiliki jangkauan seperti sinyal telepon genggam.

WiMax sendiri di Indonesia telah di aplikasikan oleh suatu ISP yang menyediakan kecepatan hingga 3 Mbps dan kecepatan rata – ratanya 1,5 Mbps. Namun di Indonesia sinyal WiMax sendiri belum tersebar. Teknologi ini telah di usung sejak tahun 2005 silam. Jangkauan WiMax dalam waktu dekat ini akan meluas dan pengguna 3G pun akan menikmati cepatnya dunia 4G.



1 komentar: